Terus Tingkatkan Kewaspadaan, Lapas Kediri Perketat Penggeledahan Badan dan Barang Melalui Petugas P2U dan Mesin X-ray.

Kediri – (07/10) Petugas Pengaman Pintu Utama (P2U) Lapas Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim adalah sebagai garda terdepan dalam melakukan pengawasan dan penggeledahan terhadap keluar masuknya badan dan barang dari maupun ke dalam Lapas. Hal ini selaras dengan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.12.OT.03.01 Tahun 2008 tentang Pembentukan Satuan Tugas Pengamanan Pintu Utama (Satgas P2U) Lapas dan Rutan. Apa yang dilakukan oleh P2U ini memiki peran yang sangat penting sebagai salah satu bentuk upaya deteksi dini dan langkah pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Kediri.

Di Lapas Kediri juga terdapat mesin X-ray yang setiap harinya digunakan sebagai screening awal dalam pemeriksaan barang, baik itu barang titipan kunjungan, barang dari tamu, barang dari rekanan koperasi pihak ketiga bahkan barang bawaan dari pegawai juga diperiksa menggunakan X-ray.

Kalapas melalui Ka.KPLP Lapas Kediri Ario Galih Maduseno mengingatkan agar petugas P2U dan petugas operator X-ray senantiasa terus meningkatkan dan memperketat penggeledahan barang maupun badan yang keluar-masuk pintu utama.

“Kepada segenap personil agar selalu memeriksa setiap barang dan badan setiap kali akan memasuki pintu utama lapas. Maksimalkan screening awal pada mesin X-ray kemudian lanjutkan perketat penggeledahan secara langsung di P2U. Selalu tingkatkan kewaspadaan, dan selalu melakukan deteksi dini pengamanan serta segera melaporkan apabila ditemukan hal-hal yang berpotensi mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan ” ujar Galih, Alumni AKIP angkatan 36 ini.

Salah satu Petugas P2U Lapas Kediri, M. Dien Haq yang bertugas saat itu mengatakan setiap barang yang melewati P2U wajib dilakukan penggeledahan. “Setiap barang titipan yang masuk melalui P2U wajib di periksa dengan teliti untuk mengantisipasi adanya barang-barang yang tidak di perbolehkan ada di dalam Lapas, ini sesuai dengan ketentuan yang ada pada SOP kita,” tuturnya.

Dien Haq juga menambahkan bahwa ini merupakan kewajiban dari seorang petugas P2U. “Hal ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawab P2U untuk memastikan bahwa setiap barang titipan yang ada itu aman dan selama ini belum ada indikasi ataupun temuan barang-barang/sesuatu yang berbau negatif,” tutupnya.

Humas Lapas Kediri

#kemenkumham
#kemenkumhamri
#kemenkumhamjatim
#jatimpastihebat
#kamipasti
#polsuspas
@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kumhamjatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *