KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENKUMHAM JAWA TIMUR KUNJUNGI LAPAS KEDIRI

LAPAS KEDIRI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zaeroji, didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kediri bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri dengan diterima langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kediri, Asih Widodo dan Pejabat Struktural. Selasa, 21/06/22. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Perdana Kakanwil ke LAKULI (Lapas Kulon Kali) yang merupakan sebutan familiar dari masyarakat Kediri untuk Lapas Kelas IIA Kediri.
Dalam Kunjungan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Zaeroji terlebih dahulu memeriksa ruang pelayanan terpadu satu pintu Lapas Kediri, yang merupakan salah satu inovasi unggulan Lapas Kediri dalam bidang pelayanan masyarakat. Kakanwil sangat mengapresiasi inovasi dan dukungan Kalapas demi terwujudnya ruang pelayanan yang prima, efektif dan efisien. Selanjutnya Kakanwil memasuki Pintu Utama dan menerima laporan Kasubsi Keamanan lapas Kediri yang melaporkan kondisi dan isi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dengan dilakukan pengawalan oleh tim Satgas Kamtib dan Satop Patnal, rombongan Kanwil langsung malakukan kontrol ke blok hunian WBP. Kalapas Kediri, Asih Widodo menjelaskan kegiatan dan dan program pembinaan yang diberikan bagi WBP untuk menjadi lebih baik.
“Proses pembinaan yang dilakukan pada Lapas Kediri ini menggunakan 2 metode yakni pendekatan humanis dan spiritual keagamaan, WBP akan lebih semangat dan berkelakuan baik dalam menjalankan masa pidana apabila dibina secara baik, humanis, serta selalu diajak beribdah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena melalui hal hal tersebut ketenangan hati akan dicapai oleh setiap warga binaan”, Ujar Asih WIdodo
Setelah melakukan kontrol blok hunian, Kakanwil menuju dapur lapas Kediri untuk mengamati proses memasak warga binaan pemasyarakatan. Pada kesempatan yang sama, Kakanwil juga menyampaikan pesan kepada WBP untuk memperbanyak ibadah, taati setiap peraturan dalam lapas, patuhi petugas, tingkatkan kebersihan baik kamar, blok bahkan lingkungan dalam Lapas serta jauhi narkoba dan selalu berbuat baik selama menjalankan masa pidana.
Kegiatan kunjungan kerja dilanjutkan ke Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Kediri (SAE LAKULI). Pada kesempatan itu Kakanwil beserta rombongan memonitoring proses pembinaan WBP di ladang sayur, kolam ikan, dan bengkel kerja. Kegiatan di SAE LAKULI di tutup dengan foto bersama didepan spot foto terbaik SAE Lakuli.
Kunjungan kerja Kakanwil diakhiri dengan melakukan penguatan pegawai di aula Bapas Kediri. Kakanwil berpesan pada seluruh petugas untuk selalu bertugas secara profesian dan memiliki integritas yang tinggi sebagai ASN. Pada sesi terakhir Kakanwil berpesan “Seluruh jajaran harus bekerja dengan baik, pakai hati nurani, terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Undang-Undang Pemasyarakatan, jalankan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing, serta hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan pegawai jangan bermain dengan Narkoba dan memberikan contoh yang baik kepada warga binaan” pesan Zaeroji.
(HUMAS LAPAS KEDIRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *