LAPAS KEDIRI GELAR UPCARA PERINGATAN HARDIKNAS TAHUN 2022

Kediri – Penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tanggal 2 Mei yang kini dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) juga berdasarkan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Indonesia tersebut. Sedang penetapan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959.
Namun ada yang berbeda dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022. sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka Kemendikbudristek menetapkan bahwa penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dilaksanakan pada 13 Mei 2022.
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, Lapas kelas IIA Kediri Menggelar Upacara Bendera di Lapangan Lapas Kediri, Jum’at (13/05). Upacara ini diikuti oleh seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
Dalam upacara tersebut Kepala Lapas Kediri, Asih Widodo yang bertindak langsung selaku Inspektur upacara menyampaikan bahwa Upacara Hari Pendidikan Nasional memiliki makna yang sangat penting untuk kita semua. “Upacara Hari Pendidikan Nasional ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita semua baik petugas maupun saudara-saudara sebagai Warga Binaan. Dengan dilaksanakannya upacara bendera ini mengingatkan kita bahwa dalam hidup ini kita harus terus belajar”, Ujar Asih.
Dalam amanatnya, Kepala Lapas membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bapak Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya beliau berpesan meski kita berada ditengah hantaman ombak yang besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar. Dengan adanya ini anak-anak tidak perlu khawatir dengan tes kelulusan karena Assesmen Nasional yang sekarang bukan bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus mendorong untuk belajar serta kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inkluasif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *