LAPAS KEDIRI KANWIL KEMENKUMHAM JATIM MENGGELAR REHABILITASI

Kediri – Lapas Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim Menggelar Rehabilitasi, Rabu (16/02). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di aula Lapas Kediri.
Dasar pelaksanaan rehabilitasi sendiri diatur dalam permenkumham No. 12 tahun 2017 tentang penyelenggaraan layanan rehabilitasi narkotika bagi tahanan dan WBP di UPT Pemasyarakatan mengamanatkan agar pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan narkotika mendapat layanan rehabilitasi narkotika pada Lembaga Pemasyarakatan. Selain itu melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan ( Ditjenpas) kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Adapun Langkah yang sudah dilaksanakan adalah pelaksanaan skrinning narkotika kepada tahanan/narapidana pada beberapa Hari yang lalu. Hal ini penting untuk memastikan tercapainya target peserta rehabilitasi dan waktu yang diperlukan dalam penyelenggaraan layanan rehabilitasi. Program rehabilitasi medik dan sosial merupakan salah satu upaya pemulihan dan pengembalian kondisi bagi penyalahguna maupun korban penyalahguna narkotika agar dapat kembali melaksanakan fungsionalitas sosialnya yaitu dapat melaksanakan kegiatan dalam masyarakat secara normal dan wajar.
Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama Lapas Kediri dengan BNN Kota Kediri guna melakukan pelayanan rehabilitasi kepada WBP Narkotika yang ada di Lapas Kediri,diharapkan nantinya ketika sudah bebas dapat berhenti mengkonsumsi Narkotika” tegasnya.
Humas Lapas Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *